BPBD Gelar Bimtek Penyusunan Kajian Kebutuhan Pasca Bencana

Spread the love

Pamekasan, (Radioralitafm.com) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) setempat, menggelar bimbingan teknis penyusunan kajian kebutuhan pasca bencana dalam rangka merencakan semua prakiraan biaya dan kebutuhan lainnya untuk tahun anggaran 2018.

Bimtek yang dibuka langsung oleh PLH Bupati Pamekasan, Mohammad Alwi sebagai upaya pemerintah agar dapat menyusun perencanaan kebutuhan pasca terjadi bencana. Tujuannya, agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari utamanya masalah penganggaran.

“Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka menyusun atau merencanakan pasca terjadinya bencana, misalnya untuk prakiraan kebutuhan biaya dan lainnya dapat dihitung serinci-rincinya sesuai fakta di lapangan agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” tutur Alwi, usai membuka acara, Senin (14/05/2018).

Alwi menyampaikan,  dengan adanya bimbingan teknis penyusunan kajian kebutuhan pasca bencana ini, nantinya seluruh dinas terkait diharapkan bisa merumuskan program penanganan pasca terjadi bencana.

“jadi ini bukan bencananya, tetapi penyusunan penanganan pasca bencananya, karena ini masalah penganggarannya,” tambah Alwi

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Pamekasan, Akhmalul Firdaus menyampaikan, kegiatan bimtek teknis penyusunan kajian kebutuhan pasca bencana (jitupasna) merupakan kali ketiga, dan saat ini sudah masuk pada kajian tehnis.  Sehingga peserta nantinya bisa merumuskan, merencanakan dan bisa membuat program untuk dipadukan dengan program BPBD mengenai pasca bencana yang mungkin saja terjadi.

“Bimtek Jitupasna ini merupakan yang ketiga kalinya, yang sekrang sudah masuk pada teknis, jadi nanti dinas-dinas dapat membuat program sebagai acuan kami (BPBD) untuk melakukan aksi pasca bencananya dan nanti kita padukan sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya. (Arifin/Redaksi)