Pemilih Perempuan Dominan Dalam Pilkada Pamekasan

Spread the love

PAMEKASAN, RALITA-Data yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, menujujukkan dominasi pemilih perempuan dalam Pelaksanaan Pilkada serentak 27 Juni. Jumlah pemilih perempuan di Kabupaten ini mencapai 351 ribu 962 orang. Sementara pemilih laki-laki 328.430 orang. Dari total daftar pemilih sebanyak 680.392 orang.

Mohammad Subhan Komisioner KPU Pamekasan Divisi Perencanaan dan Data membenarkan tingginya pemilih perempuan, dibandingkan dengan pemilih laki-laki. Sehingga,  KPU Pamekasan lebih aktive mengkampanyekan kegiatan Pilkada,  melalui kelompok-kelompok perempuan.

Subhan menambahkan, semua pemilih tersebut nantinya mencoblos di Seribu 583 Tempat Pemungutan Suara (TPS),  yang tersebar di 178 desa dan kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan dan akan menggunakan 3 ribu  583 bilik suara. Untuk Pendistribusian logistik dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke panitia pemungutan suara (PPS), akan dimulai senin pagi.

“Dan ternyata di Kabupaten Pamekasan, pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan dengan pemilih laki-laki. Sehingga, KPU lebihb active menyasar suksesnya pilkada melalui kelompok-kelompok perempuan,”terangnya Senin,(26/06).

Pilkada Pamekasan ini diikuti dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan. Masing-masing Badrut Tamam – Raja’e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan pasangan calon KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pemungutan suara yang akan digelar 27 Juni 2018 adalah Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2.(afa/redaksi)