Masterplan Ekowisata Mangrove Lembung Tergarab, Disparibud Fokus Ijin Lingkungan

Spread the love

PAMEKASAN,RALITA-Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pemkab Pamekasan Ahmad Syaifuddin mengatakan, rencana induk atau master plan Pembangunan Ekowisata Mangrove Desa Lembung Kecamatan Galis Pamekasan sudah tergarab. Selanjutnya Disparibud akan fokus kepada ijin lingkungan kawasan ekowisata tersebut.

Syaifuddin menjelaskan, masterplan tersebut penting dilakukan sejak awal, tujuanya untuk mengetahui jenis-jenis pengembangan dan pembangunan di kawasan ekowisata mangrove. Misalnya pembangunan tracking mangrove, menara mangrove, gazebo dan fasilitas lainya.  Fasilitas penunjang tersebut nantinya akan di analisa dampak lingkunganya.

Masih menurut Syaifuddin Pembangunan Ekowisata Mangrove Desa Lembung Kecamatan Galis diinginkan tidak merusak lingkungan kawasan hutan yang ada. Sebab sesungguhnya Pembangunan Ekowisata Mangrove Desa Lembung tersebut. lebih banyak akan diarahkan kepada edukasi terhadap pengunjung.

“ Jadi kawasan Mangrove itu akan dijadikan kawasan ekowisata. Sehingga, nantinya lebih banyak digiring kepada edukasi pengunjung. Masterplan sudah digarap, selanjutnya ialah ijin lingkungan,” ungkapnya. Senin, (09/07).

Ditanya Pembangunan yang akan didahulukan, Syaifuddin akan mendahului pembangunan Gapura. Tujuanya, agar masyarakat bisa mengetahui identitas kawasan ekowisata tersebut.(afa/redaksi)