Hari ini, Sidang Perdana Gugatan Pasalon Kholifah Di Mahkamah Konstitusi

Spread the love

PAMEKASAN,RALITA-Hari ini, Jum’at,(27/07), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan akan menghadapi gugatan pasangan Kholirurrahman-Fathorrohman (Kholifah), di Mahkamah Konstitusi atau MK. Sidang perdana gugatan pasangan Kholifah ini, dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 09.00 pagi ini.

Ketua KPU Pamekasan Muhammad Hamzah mengatakan, agenda sidang perdana gugatan pasangan Kholifah hari ini, ialah membacakan tuntutan. Dan KPU Pamekasan sudah menyiapkan jawaban secara tertulis dan akan disampaikan kepada majelis hakim Mahkamah Kontitusi (MK).

Menurut Muhammad Hamzah gugatan Pilkada di Pamekasan lebih ringan, dibandingkan dengan dua Kabupaten lainya di Madura yakni Sampang dan Bangkalan. Sebab, Sesuai Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah Pasal;158 ayat 2  point C. Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk lebih dari 500.000 (lima ratus ribu) jiwa sampai dengan 1.000.000 (satu juta) jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1% (satu persen) dari total suara sah hasil penghitungan suara tahap akhir KPU Kabupaten/Kota.

Sementara berdasarkan rekapitulasi hasi Pilkada Pamekasan, yang dilakukan oleh KPUD Pamekasan, selisih suara mencapai 6,3 persen. dengan perolehan suara 253.949 atau setara 53,15 persen untuk pasangan Berbaur. Sementara Kholifah memperoleh suara 223.848 atau setara 46,85 persen.

 “Jadi yang hadir ke Jakarta ialah Divisi Hukum dan Divisi Data KPU Pamekasan. Kalau tidak salah sidangnya akan berlangsung selama tiga kali. Hari ini siding perdana, dengan agenda membacakan tuntutan,”ungkapnya Jum’at,(27.07).

Sekalipun selisihnya cukup jauh. KPU Pamekasan kata Hamzah tetap akan melayani gugatan yang dilayangkan oleh Pasangan Kholirurrahman-Fathorrohman di Mahkamah Konstitusi (MK). Dan akan mengikuti mekasnisme persidangan yang sudah ditetapkan MK.(Afa/redaksi)