Pagi ini Soekarwo Lantik 12 Bupati Di Jatim, 1 Diantaranya Bupati Pamekasan

Spread the love

Berfoto: Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, bersama Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, saat pengambilan sesi foto di Pendopo Ronggosokowati Pamekasan

PAMEKASAN-Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, pagi ini Senin, (24/09/2018), dijadwalkan akan melantik, 12 Bupati Dan Wakil Bupati se-Jawa Timur, di Gedung Negara, Grahadi, Surabaya.

Kepala Bagian Media dan Dokumentasi Biro Humas Pemprov Jatim Arif Lukman Hakim mengatakan, dari 12 Bupati dan Wakil Bupati tersebut, 1 diantaranya Bupati Pamekasan Badrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja’e.

Arif Lukman menambahkan,  ke 12 Bupati Dan Wakil Bupati tersebut, diantaranya, Bupati Pamekasan, Bupati Bangkalang, Bupati Probolinggo, Bupati Bojonegoro, Bupati Nganjuk, Bupati Pasuruan, Bupati Magetan, Bupati Madiun, Bupati Lumajang, Bupati Bondowoso, Bupati Jombang dan Wali Kota Malang.

Sedianya kata Arif, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati se-Jawa Timur hasil pilkada serentak 2018 tersebut, sesuai dengan skema, berjumlah 14 Kabupaten/Kota. Namun, dua Kabupaten diantaranya, masih dilakukan Pemungutan Suara Ulang dan di lantik di Jakarta, karena bermasalah secara hukum.

“Jumlahnya seharusnya 14 Kabupaten/ Kota. Tetapi karena Sampang  harus PSU dan Kabupaten  Tuluangangung bupatinya tersangkut masalah hukum. Sehingga, pelantikan Bupati Tulunggangung, masih dilaksanakan besok, Selasa, (25/09/2018), di Kementrian Dalam Negeri, Jakarta,”terangnya.

Arif Lukman Hakim menyatakan, dalam pelantikan tersebut, yang diundang di masing-masing Kabupaten, yakni seluruh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda). Termasuk, Forkopimda Kabupaten Pamekasan.

“Karena yang Bupati yang dilantik ini, jumlahnya banyak yakni 12 Bupati. Maka yang hanya diperbolehkan masuk ke gedung Negara Grahadi Surabaya, hanya keluarga Bupati-Wakil Bupati yang dilantik, serta Forkopimda masing-masing Kebupaten,”Ungkapnya.

Masih menurut Arif, selain pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati, agenda bersamaan juga akan dilakukan serah terima Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, serta Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pamekasan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menetapkan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Badrut Tamam-Raja’ie (Berbaur) sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan. Penetapan dilakukan setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Pamekasan yang digelar di Hotel Kemuning, Kamis (5/7/18).

KPU menetapkan Pasangan ”Berbaur’’sebagai pemenang Pilkada Pamekasan, setelah pasangan ini mendapatkan dukungan suara sebanyak 257.738 suara atau 52,9 persen. Sementara pasangan Cabup Cawabup nomor urut 2 Kholilurrahman-Fathorrahman (Kholifah) memperoleh sebanyak 228.596 suara atau 47,03 persen. Adapun selisih suara sebanyak 29.142 suara atau sekitar 5,9 persen.(@fa-redaksi).