Lagi, FKUB Gelar Dialog Lintas Agama

Spread the love

Dialog Lintas agama yanh diselenggarakan FKUB Pamkasan

Pamekasan,ralita: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pamekasan, Sabtu Pagi, (27/10/2018), kembali menggelar dialog lintas agama se-Madura. Sasaranya, yakni pemuda perwakilan lintas agama, tokoh lintas agama dan sejumlah perwakilan  Perguruam Tinggi yang ada di Pamekasan.

KH. Abd. Mu’id Khosin, Ketua  FKUB Pamekasan menuturkan, pemuda memiliki peran yang sangat urgen, untuk menjaga kerukunam antar umar beragama di Madura. Sehingga, cara yang harus dilakukan oleh FKUB terhadap pemuda yakni menggelar dialog pemuda lintas agama, serta silaturrahmi antar pemuda lintas agama.

Melalui dialog tersebut terang KH. Abd. Mu’id, kaum muda lintas agama diharapkan mampu memperkuat jalinan silaturrahmi dan saling memperkuat pemahaman antar umar beragama. ” Pemuda masa kini, adalah harapan bangsa,”Ungkapnya.

Abdul Mu’id memaparkan keberhasilan FKUB di Pamekasan, yang mendapat penghargaan dari FKUB Jawa Timur. Khususnya dalam kegiatan Bhakti sosial. Salah satu, yang disebutkan yakni melakukan operasi bibir sumbinh kepada 400 masyarakat Pamekasan, dan melakukan operasi katarak terhadap 500 masyarakat Pamekasan.

Dalam kesempatan itu, Abdul Mu’id menyampaikan keinginan untuk membentuk organisasi kepemudaan lintas agama, seperti yanh sudah dilakukan FKUB Jawa Timur. Yakni Forum Gema Utama. Forum tersebut, nantinya akan melibatkan perwakilan pemuda antar agama.

“Di Jawa Timur sudah terbentuk Forum Gema Utama, pengurusnya merupakan pemuda lintas agama. Tujuanya, untuk memberikan penguatan serta menjadi generasi penerus, untuk tetap merawat kebhenikaan antar beragama,”Pungkasnya.

Dialog lintas agama se-Madura tersebut dihadiri 120 pemuda lintas agama. Thema yang diangkat dalam dialog tersebut yakni  Semangat generasi muda, membangun umat beragama dan karakter bangsa yang berakhlaq mulia. Acara tersebut, menghadirkan nara sumber Budayawan Madura D.Zawawi Imron.(afa/redaksi)