Pemkab Pamekasan Harapkan Seluruh Desa Memiliki Ketangguhan Bencana

Spread the love

Pamekasan (Radioralitafm.com) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan mengharapkan seluruh desa dan kelurahan di kabupaten berslogan Gerbang Salam memiliki ketangguhan dalam menghadapi terjadinya bencana. Hal itu disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Pamekasan Mohammad Alwi, mengingat di Pamekasan masih baru ada 10 Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana  (Destana) yang baru terbentuk pada 29 Maret 2018 lalu.

Menurut Alwi, dari 10 Destana yang dibentuk, yakni 4 desa dan 6 kelurahan adalah wilayah yang lebih banyak berpotensi bencana. “semua destana itu masih tingkat Pratama, belum ada yang Madya maupun Utama/sehingga keberadaan destana terus dibina dan diarahkan agar lebih memiliki kemampuan bagaimana dalam menghadapi bencana,” kata Mohammad Alwi kemarin.

Tidak Hanya itu, Mohammad Alwi juga memiliki harapan besar, bagaimana dari 178 Desa dan 11 Kelurahan/ 5 tahun ke yang akan datang diharapkan sudah terdapat minimal separuh desa sudah memiliki Desa Tangguh Bencana (DESTANA).

Sebelumnya, Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pamekasan, pemerintah daerah setempat melaksanakan evaluasi dan seminar Desa Tangguh Bencana yang diikuti oleh peserta perwakilan tim Destana sendiri dan Instansi terkait dengan maksud dan tujauan, agar para tim yang tergabung dalam Destana nantinya siap siaga dalam menghadapi bencana alam yang dimungkinkan terjadi. (admin)