Ini Tujuan Pangdam V Brawijaya Kunker ke Kodim Pamekasan

Spread the love

Foto bersama antara Pangdam V Brawijaya dan Rombongan dengan Bupati Pamekasan, Dandim, Kapolres dan Forkopimda serta para tokoh agama, Rabu (27/02/2019 )

Radioralitafm.com – Panglima Daerah Meliter (Pangdam) V Brawijaya Wilayah Jawa Timur, Mayjen R. Wisnoe Prasetija Boedi melakukan kunjungan kerja ke Makodim 0826 Pamekasan, Rabu (27/02/2019) siang.

Kehadiran Jenderal bintang dua ini bersama rombongan dalam rangka  silahturahmi dan memperkenalkan diri bahwa dirinya merupakan pimpinan baru di wilayah Kodam V Brawijaya.

“Sebagai pejabat baru, saya melakukan kunjungan ke seluruh jajaran Kodam V Brawijaya. Ini yang kesekian kalinya, saya sudah ke Bojonegoro, Malang, Tuban, Jember, Sumenep kemudian Pamekasan dan besok Sampang lanjut Bangkalan,” kata Mayjen R. Wisnoe.

Kedatangan mantan Danrem 084 Baskara Jaya ini disambut Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf M. Effendi, Bupati Baddrut Tamam, Kapolres AKBP Teguh Wibowo, Forkopimda dan seluruh jajaran Perwira Kodim setempat.

Selain itu, ada beberapa hal yang disampaikan Pangdam V Brawijaya. Salah satunya persiapan menjelang pemilu serentak 2019 yang bakal dihelat 17 April 2019 mendatang.

Menurut dia, pihaknya sifatnya hanya memberikan bantuan kepada kepolisian.

“Jadi nanti satuan saya yang dilibatkan adalah statusnya kendali operasi, yang mengoprasionalkan nanti adalah kepolisian,” lanjutnya.

Berdasarkan aturan, anggota TNI yang akan dikerahkan adalah sekitar 17 ribuan personel. Jadi dari TNI itu baik Darat, Udara maupun angkatan laut semuanya 2/3 dari kekuatan kepolisian.

“Itu yang sesuai aturan. Tapi kita kerahkan semua yang ada di wilayah masing – masing. Kenapa, ini untuk memberikan kepastian berjalannya pemilu ini aman, damai, dan masyarakat tenang. Serta semua pemilih dapat menggunakan haknya di pemilu tahun ini,” tutur Mayjen R. Wisnoe Prasetija Boedi.

Tak hanya itu, dirinya menyatakan bahwa berdasarkan amanat undang – undang, TNI netral dan tidak boleh menggunakan hak pilihnya serta tidak boleh berpihak kepada siapapun,” katanya.

Mayjen R. Wisnoe berharap, pemilu serentak 2019 ini berjalan aman, lancar, damai dan tertib. “Karena kita semua ini bersaudara,” tandasnya.

Sementara, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengucapkan selamat datang kepada Pangdam V Brawijaya Wilayah Jawa Timur yang berkenan hadir ke bumi Gerbang Salam.

“Mewakili masyarakat Pamekasan saya menyampaikan selamat datang kepada Bapak Pangdam V/Brawijaya di Kota Pamekasan,” ucap politikus partai kebangkitan bangsa (PKB) ini.

Dihadapan rombongan Kodam V Brawijaya, Forkopimda dan seluruh jajaran Perwira Kodim Pamekasan, Bupati Baddrut berjanji akan berupaya untuk menjadikan pemilu tahun ini berjalan lancar.

“Menjelang pemilu saya berikhtiar Pamekasan harus aman, agar pemerintahan berjalan dengan lancar dalam membangun Pamekasan,” lanjutnya.

Bupati Baddrut mencontohkan, Pilkada 2018 yang berlangsung 27 April  lalu2018 dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun.

“Alhamdulillah di Pamekasan aman, itu semua berkat kerjasama steakholder untuk menjaga keamanan di Pamekasan,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya berharap bahwa pemerintah Kabupaten Pamekasan akan terus bersinergi dengan semua unsur yang ada. Termasuk didalamnya adalah TNI – Polri serta unsur masyarakat lainnya.

“Selain pemerintah pusat mendukung kami untuk mencipatkan pembangunan yang merata di masyarakat agar pertumbuhan ekonomi cepat, dan semua pekerjaan bisa berjalan dengan aman dan damai, diantara kita juga harus ada kerjasama,” tuturnya. (Arifin/Redaksi)