Bikin Sim, di Pamekasan Cukup Memamfaatkan Aplikasi Arek Lancor

Spread the love

Kapolres AKBP Teguh Wibowo (dua dari kiri) saat hadir dalam lauching Pamekasan Smart Beberapa waktu lalu

(radioralita)-Jajaran kepolisian Resort Pamekasan rupanya tidak mau ketinggalan, dala memberikan pelayanan kepada Masyarakat Pamekasan. Hari ini, Sabtu (02/03) Polres Pamekasan me-launching aplikasi arek lancor Pamekasan. Aplikasi ini akan memberikan pelayanan yang berhubungan dengan kepolisian, baik yang berkenaan dengan pelayanan administrasi maupun yang berhubungan dengan pelayanan ketertiban dan keamanan diwilayah hukum Polres Pamekasan.

Salah satu item yang ada dalam aplikasi itu, ialah pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi (Sim), Perpanjangan STNK hingga pembuatan surat keterangan kelakukan baik dari kepolisian.

Aplikasi itu, kata AKBP Teguh Wibowo sebenarnya, sudah berjalan setahun. Namun, institusi memperbaharui aplikasi tersebut. Tujuanya, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Pamekasan.

“Sebenarnya aplikasi ini sudah ada setahun yang lalu. Namun, namanya kita ganti terhadap nama yang familiar untuk masyarakat Pamekasan. Sehingga, masyarakat mudah memingat dan memamfaatkan aplikasi tersebut,”ungkapnya.

Teguh menyampaikan, era digital yang sudah berkemajuan, menuntut institusi kepolisian untuk terus melakukan inovasi terhadap pelayanan kepada masyarakat. Jika tujuanya untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat, maka aplikasi tersebut sangat tepat untuk dimamfaatkan oleh masyarakat Pamekasan.

Teguh menguraikan, selain pelayanan administrasi, dalam Aplikasi Arek Lancor tersebut juga memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memberikan informasi tentang gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat. Misalnya ada pencurian difoto dan dikirimkan ke aplikasi tersebut. Sehingga, nantinya petugas akan langsung melakukan penanganan.

Termasuk pula jika masyarakat menemukan sekelompok orang yang melakukan pesta narkoba, ataupun tengah transaksi narkoba. Melalui aplikasi tersebut, juga bisa dilaporkan. Dan petugas segera melakukan langka-langkah.

“Jadi aplikasi arek lancor tersebut, melayani dibidang administrasi yang berkenaan dengan kepolisian, masyarakat juga bisa melaporkan jika terjadi tindak pidana di lingkunganya. Nanti petugas kami, akan segera menindaklanjuti,”ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Pamekasan Bahrun, mengapresiasi launching pelayanan aplikasi arek lancor Polres Pamekasan.  Langkah itu kata Bahrun, merupakan terobosan baik, untuk bersama-sama memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Pamekasan sudah memiliki aplikasi Pamekasan Smart, kini Polres Pamekasan sudah memiliki aplikasi arek lancor. Ini terobosan yang baik, yang harus kita dukung, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat,”pungkasnya.(afa)