Pengaruh Geng, Anak Dibawah Umur Terjerumus Narkoba

Spread the love

(radioralita.com)-Koordinator Divisi Hukum Pusat Pelayanan Terpadu (P2T) Unit Pemberdayaan dan Keluarga Sejahtera (BP2KS) Pamekasan Umi Supratiningsih menyebut pengaruh terbesar anak dibawah umur terjerumus narkoba ialah faktor karena memiliki geng atau kelompok.

Ia kata Umi ingin diakui oleh kelompoknya, sebagai bagian dari geng. Sehingga, apa yang dilakukan oleh kelompok tersebut, dilakukan pula anak dibawah umur. Termasuk mengkonsumsi narkoba.

Sehingga seharusnya orang tua lanjut Umi, harus memberikan perhatian serius terhadap keberadaan anak-anaknya. Terutama melakukan kontrol langsung, terhadap pergaulan anak. Lebih baik kata Umi, mawas diawal ketimbang diakhir nantinya anak terjerumus narkoba, karena geng dan orang tua menyesal.

“Kalau anaknya pamit ditanya, mau kemana nak, apa yang dikerjakan. Kalu sekiaranya bergaul dengan teman-teman yang berbau negatif, jangan di kasih ijin. Karena dampaknya kepada anak tersebut,”ungkapanya.

Selain orang tuta terang Dosen IAIN Madura ini, peran sekolah dalam menjaga aktivitas anak dibawah umur, juga tinggi. Pendekatan guru agama sangat dibutuhkan, terhadap anak-anak yang disinyalir nakal.