Jaga Keutuhan NKRI, Polres Pamekasan Bersama Satgas Nusantara Gelar FGD

Spread the love

Wakapolres Pamekasan, Kompol Kurniawan saat menyampaikan sambutan dalam acara FGD

Radioralitafm.com – Polres Pamekasan bersama Satgas Nusantara  menggelar Fokus Grup Diskusi (FGD)  di hotel Odaita, Rabu (27/03/2019) jl. Raya Pamekasan – Sumenep.

Kegiatan yang bertema “Menjaga kerukunan dan toleransi menuju Kabupaten Pamekasan damai guna mensukseskan pemilu serentak 2019” Ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan ulama, Ormas, karang Taruna, Pengurus PW NU Jatim, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan tokoh masyarakat.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo melalui Wakapolres Kompol Kurniawan dihadapan peserta FGD mengatakan, kegiatan tersebut digelar guna menjaga kesatuan bangsa Indonesia yang sudah dari dulu tertanam. Meski berbeda suku, bahasa, ras dan agama tetapi tetap satu tujuan, yakni NKRI.

“Keanekaragaman tersebut terjaga dalam bhinneka tunggal ika, walaupun berbeda tetapi tetap satu, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kita jaga dan pelihara. Karena keberagaman itu harus kita syukuri bersama,” kata Kompol Kurniawan.

Ia mengatakan, sudah sepatutnya sebagai warga negara Indonesia berkewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI.

Wakapolres menyebut, upaya untuk memecah belah keutuhan NKRI terjadi secara terus – menerus baik dari dalam maupun dari luar negeri. Misalnya, mulai dari penyebaran berita hoax sampai dengan fitnah yang dilancarkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab dalam rangka mengadu domba, memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Sehingga kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa memilih dan memilah mana berita yang benar atau salah dengan cara mengkroscek atau tabayyun,” imbuh dia.

Tanpa bertabayyun, begitu mudah masyarakat akan mengeshare yang belum tentu berita itu benar. Bahkan, ia menyebut, permasalahan info hoax ini semakin banyak bermunculan di media sosial seiring dengan akan dilaksanakannya pemilihan legislatif dari tingkat kabupaten hingga pusat serta pemilihan DPD RI dan pemilihan pemimpin bangsa ini.

“Berbagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI, harus tetap kita lakukan secara bersama-sama, salah satunya melalui FGD ini bagaimana kita berdiskusi dan menjaga keutuhan NKRI ini melalui kerukunan dan toleransi, terlebih pada saat momen besar yaitu pemilu 2019,” tandasnya. (Arifin/Redaksi)