Kuatkan Ekonomi Keluarga, Melalui Bank Sampah

Spread the love

(radioralitafm.com)-Sampah yang awalnya menjijikkan, kotor dan menjadi sumber penyakit, kini tidak demikian. Sampah ditangan Slamet warga Rt I Rw II Dusun Mor Laok Songai Kelurahan Jungcangcang Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, justru menghasilkan dan mampu menguatkan ekonomi keluarga warga, yang ada di Kelurahan tersebut.

Slamet ber-inisitif membuat Bank sampah. Ia kasih nama Bank sampah berdikari.  Tujuan didirikanya Bank Sampah tersebut, yakni untuk menampung sampah-sampah rumah tangga. Serta untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menanggulangi terjadinya banjir.

“Disungai depan rumah saya ini mas, sering terjadi banjir. Salah satu penyebabnya karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan. Sehingga, saya ber-inisiatif untuk membuat Bank sampah, minimal mampu meminimalisir terjadinya banjir dan menjaga lingkungan bersih,”ungkapnya.

Slamet menunjukkan sampah besi

Slamet mendirikan Bank Sampah, juga diharapkan mampu membantu ekonomi keluarga. Sasaranya ialah ibu-ibu rumah tangga. Ibu rumah dipilih, karena ibu rumah tangga dianggap lebih peduli dan telaten terhadap keberadaan sampah, termasuk pula membantu mencukupi kebutuhan dapur keluarga.

Slamet mengaku sudah memiliki 30 nasabah, sejak didirikan tahun 2015 yang lalu. Jenis sampah yang bisa ditampung dan dikelola di bank sampah, diantaranya jenis sampah kertas, kerdus, aqua, besi dan sampah botol. Nasabah bisa mengantarkan sendiri ke bank sampah dan atau dijemput sendiri oleh pengelola bank sampah. Keuntungan menjadi nasabah bank sampah milik Slamet ini, selain bisa menabung, jika ada kebutuhan mendesak, nasabah juga bisa meminjam uang  dan pembayaranya menggunakan sampah.

Sebagai pegelola, Slamet mengeluhkan tidak adanya alat pengakut sampah. Sehingga, ketika sampah hendak dijual ke pengepul sampah, harus menggunakan bejak dengan muatan yang terbatas. Sampai saat ini Bank sampah yang dikelola Slamet, belum ada perhatian dari Pemkab Pamekasan. Misalnya membantu dalam bidang alat pengankut sampah, bantuan grobak sampah atau tempat pemilihan sampah.

“Saya kesulitan saat mengankut sampah. Dan saya sangat berharap ada bantuan pengankut sampah. Sehingga, bisa membantu saya dalam melaksanakan pekerjaan mengelola sampah,”tuturnya.(af)