BPBD Pamekasan Siapkan Dua Destana Ikut Lomba di Tingkat Jatim

Spread the love
Foto : FB BPBD PAMEKASAN

Radioralitafm.com – Jum’at (13/03/20) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan mempersiapkan dua Kelurahan, Desa Tangguh Bencana (DESTANA), yakni kelurahan Patemon dan Kelurahan Gladak Anyar untuk ikut lomba destana tingkat pratama di Provinsi Jawa Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus mengungkapkan, di Jawa Timur setiap tahun diadakan lomba sebagai bentuk evaluasi keberadaan Destana baik tingkat Pratama, Madya maupun Utama.

“Di Pamekasan sudah terbentuk 10 Desa Tangguh Bencana, namun yang kami siapkan untuk ikut Lomba di tingkat Jawa Timur ada dua Destana, yakni kelurahan Patemon dan Gladak Anyar,” terangnya, kepada Radioralitafm.com.

Menurut mantan Kadinsos ini, keberadaan Destana akan sangat membantu BPBD Pamekasan guna menghadapi terjadinya bencana.Misalnya bencana alam seperti Banjir, dan Longsor.

“Mereka punya andil untuk mempersiapkan diri membantu masyarakat jika terdampak bencana alam,” lanjut dia.

Akmalul Firdaus menambahkan, triwulan kedua, rencananya BPBD Pamekasan juga akan meningkatkan status dua Destana ke tingkat Madya. Sehingga, kedua Destana nantinya akan paham tugas pokok dan fungsinya dalam menghadapi bencana di kabupaten Pamekasan.

Reporter : Arifin

Publisher : Admin