Bertambah 1, di Pamekasan Terkonfirmasi Covid 19 menjadi 3 Orang

Spread the love

Radioralitafm.com – Warga kabupaten Pamekasan yang terkonfirmasi Covid 19 kini bertambah menjadi 3 orang dari awalnya hanya 2 orang. Tambahan 1 orang terinfeksi virus menular tersebut diketahui sejak Minggu (12/04/20) sore sekitar pukul 15.00 usai tim Satgas Covid Pemprov Jatim mengumumkan.

Diduga, yang terpapar Covid 19 merupakan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang bertugas di Kantor Kemenag Sampang dan sebelumnya mengikuti pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya beberapa minggu lalu.

Usai diketahui yang bersangkutan warga Kecamatan Proppo Pamekasan, tim Satgas Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 kabupaten Pamekasan langsung melakukan tracing ke tempat dimana bekerja serta ke sekitar rumahnya. Sebab, proses pengambilan spesimen terhadap TKHI tersebut tidak dilakukan di RSUD Smart Pamekasan.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Pamekasan, dr. Achmad Marsuki mengatakan, yang bersangkutan kini telah masuk rumah sakit Smart untuk dilakukan penanganan lebih intensif dan diisolasi ke ruangan khusus.

“MRS(Masuk rumah sakit;red) di RS Smart,” jawabnya singkat.

“Td mlm,” tambahnya.

Sementara, hasil tracing tim Satgas Covid 19 Pamekasan yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Pamekasan, Sigit Priyono berdasar rilis tertulis kepada wartawan sebagai berikut;

Kronologisnya,Pertama, tambahan yang terkonfirmasi positif Covid 19 adalah Petugas Haji Kabupaten Sampang,
Yang beralamat di Kecamatan Proppo.

Kedua, Satgas COVID 19 Pamekasan (Tim Tracing Dinkes Pamekasan) mendapat informasi bahwa yang bersangkutan petugas haji, pada hari ke 7, Saat itu juga langsung dilakukan tracing (dinkes Pamekasan) yang bersangkutan dinyatakan sebagai ODR. Dan disarankan untuk melaksanakan isolasi mandiri.

Ketiga, Di hari ke 14 yang bersangkutan ada gejala sakit, dan direncanakan periksa Laboratorium, Dinkes Pamekasan melakukan Koordinasi dg Dinkes Sampang, yang bersangkutan diSwab di Sampang.

Kemudian yang keempat, Hasil Swab dari Laboratorium Kemenkes Jakarta yang disampaikan melalui Dinkes pemprov Jatim pada hari Minggu tanggal 12 April 2020 jam 15.00 wib, yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid 19.

Kelima, Saat ini (tadi malam) Tim tracing Dinkes sedang melakukan komunikasi dan edukasi agar yang bersangkutan melakukan isolasi di Rumah Sakit.

Terakhir, sejak datang yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri.

Sebagai informasi, berdasar peta sebaran Covid 19 di Kabupaten Pamekasan, Orang dalam resiko (ODR) kini menurun menjadi 6577 dari sebelumnya mencapai 7520 orang. Kemudian Pasien dalam Pengawasan (PDP) 2 orang hasil Swab Negatif Covid 19. Namun, satu diantaranya telah meninggal dunia kemarin sore.

berdasar informasi yang dihimpun Ralita FM, yang bersangkutan menderita penyakit TBC. Warga Kecamatan Pamekasan itu menghembuskan nafas terakhirnya di RSU Paru- Paru Moh. Noer jalan diponegoro.

Kemudian, dengan tambahan 1 terkonfirmasi Covid 19, di Kabupaten Pamekasan menjadi 3 orang terpapar Covid 19. Namun, 1 diantaranya telah meninggal dunia pada tanggal 20 Maret 2020 lalu sebelum dinyatakan Covid 19 pada 29 Maret . (Arf)