Bertambah 2 Orang, Kabupaten Pamekasan menjadi 5 orang Terpapar Covid-19

Spread the love

Radioralitafm.com – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 kabupaten Pamekasan menerima informasi dari Satgas Jawa Timur Bahwa telah dikonfirmasi bertambahnya 2 orang positif Covid-19 di Kabupaten berslogan Gerbang Salam. Konfirmasi itu keluar dari Hasil Laboratorium Balitbangkes Kementrian Kesehatan Jakarta, pada selasa 14 April 2020 sore.

Tim satgas Pencegahan dan pengendalian Covid 19 kabupaten Pamekasan selaku bagian Komunikasi Sigit Priyono mengatakan, 2 orang yang baru di konfirmasi positif covid-19, yang pertama adalah petugas pendamping ibadah haji (PPIH) dengan usia ± 57 Tahun yang beralamat Kecamatan Proppo.

“Selanjutnya yang kedua adalah tenaga kesehatan ibadah haji (TKIH), dengan usia ±40 Tahun dan beralamat Kecamatan Galis. Sebelum dinyatakan dikonfirmasi Positif Covid-19, kedua orang itu telah masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP),” kata Sigit Priyono yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda kabupaten Pamekasan.

Menurutnya, kedua orang tersebut, pada tanggal 27 Maret dilakukan pelacakan yang hasilnya dinyatakan sebagai ODP (orang dalam pemantauan).

Yang bersangkutan, pada saat itu melakukan isolasi mandiri.

“Tanggal 9 April 2020, mereka dilakukan Rapit Test dengan Hasil negatif, dan saat itu dilakukan pengambilan Swab, dan pada hari ini kita menerima informasi hasilnya positif,” katanya.

Sementara, warga Galis yang terinfeksi virus corona, pada tanggal 24 Maret yang bersangkutan dilakukan tracing atau pelacakan. Hasilnya, ditemukan gejala yang akhirnya dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

“Tanggal 3 April 2020, dilakukan Rapit Test kepada yang bersangkutan, hasilnya negatif, enam hari kemudian dilakukan Rapit Test kembali dengan hasil positif. Lalu diambil Swab untuk dilakukan lab ke Balitbangkes Kementrian Kesehatan di Jakarta, dan hari ini, Selasa (14/04) terkonfirmasi positif Covid 19,” tambahnya.

“Malam ini tim kesehatan Satgas Covid 19 Kabupaten melalui tracing telah melakukan komunikasi dan edukasi agar yang bersangkutan mau diisolasi ke rumah sakit Slamet Martodirdjo,” katanya.

Mantan sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini mengajak seluruh masyarakat Gerbang Salam untuk sama-sama mendoakan kepada 4 orang yang terkonfirmasi positif Covid 19 agar segera diberikan kesembuhan. Dan mendoakan seluruh tim tenaga kesehatan diberikan kekuatan, kesabaran dan kesehatan.

Sebagai informasi, sampai saat ini di Kabupaten Pamekasan, 124 Orang Dalam Pantauan (ODP), 2 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah selesai dan dinyatakan sembuh. 5 Orang Positif Covid-19 dengan rincian 1 orang meninggal.