Fasilitasi Relawan Anti Narkoba, Upaya Pemkab Pamekasan Cegah Peredaran Narkoba

Spread the love
Panitia kegiatan Fasilitasi Relawan Anti Narkoba Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pamekasan mengabadikan foto bersama para peserta, di aula utama PKPN, jl. Kemuning Pamekasan.

Radioralitafm.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pamekasan, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memfasilitasi Relawan Anti Narkoba bagi pemuda di bumi gerbang salam dalam upaya memberantas dan mencegah peredaran narkoba yang kian marak di tengah masyarakat.

Sedikitnya, sebanyak 80 pemuda yang terdiri dari unsur Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Pamekasan, perwakilan pesantren, lembaga kepemudaan dan lembaga pendidikan, memperoleh pembekalan sebagai relawan anti narkoba Pamekasan di Gedung PKPN Jl Kemuning, Rabu (17/11/21).
Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Masrukin melalui Sekdis Porapar Saiful Haq menuturkan, Fasilitasi Relawan Anti Narkoba bertujuan untuk membentuk Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) yang memiliki peran vital dalam menanggulangi, mencegah dan memberantas narkotika khususnya di kabupaten Pamekasan.

“Kegiatan fasilitasi ini diikuti 80 pemuda yang meliputi unsur Baanar, lembaga kepemudaan, pondok pesantren dan lembaga pendidikan. Pada prinsipnya, ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap peredaran narkoba yang kian marak, makanya melalui pemuda, nanti bisa ditanggulangi, dicegah dan dapat diberantas,” ungkapnya, usai acara.

Menurutnya, selain memberikan pembekalan, tujuan utamanya untuk membentuk Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) yang memiliki peran vital dalam penanggulangan, pencegahan dan sosialisasi pemberantasan narkoba.

“Sebab, jika makin banyak lembaga kepemudaan yang mengurusi masalah narkoba, akan semakin mudah memberikan sosialisasi, edukasi, dan pencegahan penyebaran barang haram itu, karena setiap tahun penyalahgunaan narkoba semakin meningkat, pelakunya banyak dari kalangan pemuda,” ungkapnya.

Sementara, salah satu peserta dari Relawan Anti Narkoba Pamekasan, Khairul Umam Syarif mengatakan/ fasilitasi ini sangat baik sebagai bekal untuk mendeteksi sejak dini terhadap penyalahgunaan narkoba. Utamanya sebagai upaya untuk mencegah, menanggulangi terhadap para pemuda untuk tidak terjerumus terhadap barang haram itu.

Menurut Umum yang juga anggota Baanar Pamekasan, melalui edukasi dan upaya sosialisasi ke lembaga pendidikan, pondok pesantren hingga ke karang taruna di desa, sebagai wujud dukungan terhada pemerintah dalam pencegahan dan menekan peredaran narkoba, dengan harapan Pamekasan Bebas Narkoba.

“Kami sebagai Relawan Anti Narkoba memiliki fungsi dan tugas untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan, penaggulangan dan sosialisasi pemberantasan narkoba. Disamping juga, kami di Baanar inten melakukan sosialisasi kepada lembaga pendidikan, pondok pesantren, hingga ke karang taruna desa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Ini sebagai wujud dukungan kepada pemerintah kabupaten dengan harapan kabupaten Pamekasan bebas dari peredaran narkoba,” tandasnya. (ARIFIN)