Pemkab Pamekasan Maksimalkan Penyaluran BLT DBHCHT Bagi Buruh Pabrik dan Petani Tembakau

Spread the love
Kadisperindag Kabupaten Pamekasan

Radioralitafm.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan selaku Pendata dan Verifikator Data Para Buruh Pabrik Rokok di Pamekasan.
Achmad Sjaifuddin Kepala Disperindag Pamekasan menjelaskan, sesuai dengan peraturan menteri keuangan nomor 206/pmk.07/2020 yakni pengaturan yang mengatur tentang alokasi pemanfaatan dana yang diterima Kabupaten Penghasil cukai. Untuk Kabupaten Pamekasan, sebanyak kurang lebih 23 ribu BLT-DBHCHT ini akan diberikan kepada pekerja pabrik rokok dan Buruh Tani Tembakau nantinya.
Achmad menjelaskan, itu merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat dikala pandemi covid-19 masih belum juga usai hingga saat ini. Minimal meringankan beban para pekerja rokok dan buruh tani tembakau.
Selain itu dalam peraturan tersebut, yang menjadi kata kunci dan juga harus di tekankan yakni pada Produksi dan Distribusi. Produksi ini melalui pabrik rokok, sedangkan distribusi ini melalui para toko kelontongan yang ada.
Pada poin Produksi ini ditekankan pada Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), sebab dalam KIHT terdapat subsidi-subsidi untuk operasional dan lain-lainnya, bagi para pelaku rokok secara legal, yang nantinya agar dapat naik kelas dan meningkatkan levelnya.
Kemudian pada poin distribusi, Disperindag melalui IKM dan pedagang rokok kelontongan yang ada di pasar-pasar supaya bisa di tekankan. (Liq)