Pimpin Upacara Hari Jadi ke 491, Mas Tamam Doakan Pamekasan Semakin Maju

Spread the love
Foto bersama usai menggelar upacara hari jadi Pamekasan ke 491 di halaman kantor Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan dipimpin langsung oleh Bupati Baddrut Tamam, Senin, 22 Nopember 2021. (Arifin/Ralitafm)

Radioralitafm.com – Pamekasan, Upacara hari Jadi kabupaten Pamekasan ke 491 yang digelar di Halaman Kantor Bupati dan Wakil Bupati, Jalan Kabupaten, pada Senin (22/11/21) menjadi momen kebahagiaan bersama. Pasalnya, upacara yang dikemas dengan adat Madura itu, berlangsung hidmat dan lancar.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam yang menjadi Pembina Upacara Hari Jadi Pamekasan tersebut, menggunakan baju pesa’an dan odheng. Para tamu undangan dan peserta upacara juga memakai baju pesa’an dan odheng. Sementara, peserta upacara perempuan memakai baju marlena atau kebaya dengan bawahan batik.

Mas Tamam, sapaan akrab Bupati Pamekasan dalam sambutannya yang menggunakan bahasa Madura mengungkapkan rasa senang dan bahagianya, sebab, pada 3 November lalu Kabupaten berslogan Gerbang Salam telah sampai pada usia yang ke 491 tahun.

“Hari ini, kita semua patut merasa senang dan bahagia, sebab kabupaten Pamekasan sudah sampai pada usia 491 tahun, dan ini sungguh sudah sangat sepuh, oleh karenanya, semoga kita semua diberikan jati diri untuk terus bersama-sama memajukan kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Selain itu, orang nomor satu di bumi Gerbang Salam ini memohon doa dengan harapan, kabupaten Pamekasan maju dari semua bidang, baik pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, infrastruktur maupun hal lainnya sebagaimana yang ditanamkan oleh panembahan pangeran Ronggo Sukowati.

Pada 3 November tahun 1530 Masehi silam, lanjut Mas Taman adalah merupakan peristiwa terjadinya pembentukan yang menandakan hari jadinya kabupaten Pamekasan.

“Makanya, tanggal 3 November tahun 1530 Masehi disebut dengan penobatan dan penetapan raja Ronggo Sukowati sebagai raja Pamellingan yang hingga saat ini disebut kabupaten Pamekasan,” tutur Mas Tamam.

Momentum hari jadi kali ini, sambung bupati adalah untuk merefleksikan bersama semangat juang pangeran Ronggo Sukowati dalam bentuk peningkatan pelayanan bagi seluruh masyarakat Pamekasan.

“Semoga, semangat ini, merupakan refleksi bersama kita semua baik para pimpinan OPD, ASN dan pejabat vertikal lainnya untuk memberikan yang terbaik demi kemajuan kabupaten Pamekasan berdaya saing dengan kabupaten maju di Indonesia,” tambahnya.

Diketahui, upacara hari Jadi Pamekasan juga dihadiri ketua PCNU Pamekasan, KH. Taufik Hasyim, Forkopimda beserta seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan. (ARIFIN/RALITA FM)