Capaian Vaksinasi di Pamekasan baru 31 Persen, Dinkes Ajak Warga Vaksin

Spread the love
Foto : PLT Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan (ist)

Radioralitafm.com, Pamekasan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan terus menggenjot pelaksanaan serbuan vaksinasi di berbagai kecamatan hingga desa-desa. Hal itu dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi hingga minimal 70 persen guna membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat di bumi Gerbang Salam.

Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pamekasan, Achmad Marsuki menuturkan, capaian vaksinasi bagi masyarakat Pamekasan baru 31 persen saja atau sepertiga dari warga yang usianya masuk program vaksinasi.

“Kami masih terus melakukan edukasi dan vaksinasi kepada masyarakat. Sebab, hingga sekarang masih minim, baru mencapai 31 persen,” ujarnya, saat on air di Morning Show Ralita FM soal perkembangan Covid-19, pada Kamis (09/12/21).

Baca juga: Membludak, Warga Trasak Pamekasan Mulai Sadar Akan Pentingnya Vaksinasi

Menurutnya, di masing-masing kecamatan sudah dibangun gerai vaksinasi bekerja sama dengan Puskesmas, Forpimka dan tim Satgas Covid-19 untuk mempermudah masyarakat yang ingin vaksin.

Marsuki menjelaskan, wabah pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga program serbuan vaksinasi akan terus digenjot sampai mencapai minimal 70% yang di vaksin.

“Fungsinya vaksinasi itu kan jelas untuk memperkebal imun tubuh, menciptakan Herd Immunity, kalau masyarakat masih takut untuk divaksin, maka akan mudah terinfeksi virus, termasuk Covid 19, makanya ayo datang ke gerai vaksinasi yang sudah kami siapkan,” tuturnya.

Baca juga: Mutasi Tiga Pejabat, Mas Tamam: Pemimpin Harus Lahirkan Terobosan Baru

Meski beberapa bulan terakhir tak ada tren kasus positif covid 19 bahkan 0 pasien, pihaknya meminta masyarakat untuk aktif berpartisipasi mengikuti vaksinasi di gerai-gerai kecamatan yang telah disediakan.

Bahkan, bila ada warga yang siap berkumpul di rumah warga, tim vaksinasi kecamatan siap datang langsung ke rumah warga tersebut, baik pagi, siang maupun malam hari.

Tak hanya vaksinasi, Marzuki juga mengajak masyarakat tidak abai dengan protocol kesehatan, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, sebab, wabah pandemic covid-19 belum berlalu dari bumi nusantara.

“Jangan abai terhadap protokol kesehatan, terapkan 5M, dan kami berharap, tak ada lagi warga Pamekasan yang terpapar virus corona,” tandasnya. (ARIFIN/Ralita)