BPBD Pamekasan Atur 3 Strategi Penting Bagi Korban Erupsi Semeru di Lumajang

Spread the love
Apel Sekaligus Pengarahan Kepada Anggota BPBD dan Relawan Oleh (Amin Jabir) Kalaksa BPBD Pamekasan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Ikut Peduli Para Korban Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang. Bantuan dari masyarakat Pamekasan melalui BPBD dan FRPB Pamekasan di kirim pada Jumat, 10 Desember 2021 kemarin.

Amin Jabir Kalaksa BPBD Pamekasan kepada Ralita FM mengatakan, terdapat strategi penting dalam 3 tahap rencana pengiriman bala bantuan untuk koran Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang Nantinya.

Dalam membantu para korban ini memerlukan rancangan konsep yang harus diperhatikan, yakni dengan “saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan teman-teman yang berada di Lumajang”, tuturnya.

Untuk bantuan di tahap pertama kemarin, pihaknya bersama FRPB dan mengirim kebutuhan pangan dan logistik. Baru di tahap kedua nantinya, kemungkinan akan dikirim SDM yang sekiranya cukup terkait dengan rekondisi dan pembersihan lokasi, jelasnya.

Baru kemudian untuk tahap ke tiga yg cukup penting adalah kebutuhan papan, termasuk seperti kebutuhan pakaian seperti baju- baju layak pakai nantinya. Setelah nantinya kondisi dilumajang mulai normal, sebagian masyarakat kembali kerumahnya, sebagian lagi juga menunggu relokasi pembangunan rumah.

Selain untuk mengirim bala bantuan, tambahnya, para pasukan dan relawan yang berangkat ke para korban erupsi diharapkan “agar dapat menangkap sinyal-sinyal ilmu perihal dalam kedaruratan. Strategi dalam penanggulangan bencana mulai dari mitigasi, adaptasi dan lain sebagainya”, tutupnya. (Liq)