Pandemi Covid-19 Mulai Landai, KKNT UTM Cerdaskan dan Permudah Kegiatan Masyarakat di Desa Bungbaruh

Spread the love

Radioralitafm.com – Pandemi covid-19 di Pamekasan semakin landai, dengan beberapa program mahasiswa dan bertemakan Gotong Royong Indonesia Bangkit, Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) permudah kegiatan kegiatan masyarakat di Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.

Farhan Dwi Pramana Koordinator Desa KKNT UTM mengatakan, kegiatan yang dilakukan terbagi dari berbagai bidang/ mulai dari Seminar terkait perkembangan teknologi, penyuluhan kepada petani, kegiatan mengajar mengaji menggunakan media pembelajaran digital, kursus bhs Inggris kepada siswa siswi, edukasi minat baca kepada siswa SD dan kegiatan vaksinasi massal yang diadakan di 1001 alami.

KKNT UTM ini terbagi dari mahaiswa diberbagai jurusan, beranggotakan 13 mahasiswa dari 5 fakultas yang berbeda beda. Pelaksanaan KKNT berlangsung selama tiga bulan yang di laksanakan satu Minggu tiga kali, yakni Jumat hingga Minggu.

“Bidang yang paling mendasar pada KKNT ini ditekankan pada sosial masyarakat serta pendidikan kepada Siswa di Desa Bungbaruh” ucapnya.

Istiqfara Esa Mulyani salah satu anggota KKNT UTM ini mengucap syukur alhamdulillah dapat tempat KKN di Desa Bungbaruh, “selain Pemerintah Desanya yang sangat baik, juga ada beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk pengabdian kepada masyarakat, meski covid-19 belum juga usai”.

Fara berharap selama KKN dapat memotivasi Siswa Siswi agar lebih giat belajar untuk meraih prestasi. Sehingga dari semangat itu, dapat membuka pola pikir untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat mengurangi pernikahan di usia dini.

“Banyak sekali ilmu pengetahuan serta pengalaman yang di dapatkan selama KKN berlangsung, yakni dapat di persatukan dengan satu kelompok yang sebelumnya tidak saling kenal, lalu dapat berproses langsung terhadap masyarakat sekitar. sehingga dapat menciptakan persaudaraan yang sangat erat dan wawasan sosial untuk KKNnya” tandasnya. (Liq)