BPBD Pamekasan Imbau Masyarakat Waspadai Peringatan Dini Cuaca Buruk Awal Tahun

Spread the love
Koordinator TRC BPBD Kabupaten Pamekasan

Radioralitafm.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Imbau masyarakat tentang peringatan dini potensi cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang di wilayah itu dalam sepekan ke depan.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan mengungkapkan, berdasarkan prakiraan cuaca buruk ini berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan, oleh itu masyarakat di imbau agar selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, Kamis (6/1/2022) malam.

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD Pemkab Pamekasan dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi cuaca buruk di awal tahun saat ini berupa hujan deras disertai angin kencang, hampir merata di semua kabupaten di Pulau Madura, yakni Pamekasan, Sumenep, Sampang, dan Bangkalan.

Oleh itu, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar intens meningkatkan kewaspadaan serta segera menginformasikan pemberitahuan kepada para petugas apabila terjadi bencana dan semacamnya.
Budi menjelaskan potensi bencana akibat hujan deras disertai angin kencang, seperti pohon roboh dan tanah longsor. Terlebih ketika malam hari, dimana orang-orang sedang pulas istirahat, disaat kondisi seperti ini lebih menjaga kewaspadaan di area sekitar rumah masing-masing, serta saat sedang bepergian keluar rumah.

“Potensi bencana akibat hujan deras disertai angin kencang, seperti pohon roboh dan tanah longsor, pada malam hari, jelasnya”

Untuk mempercepat koordinasi, saat ini BPBD Pemkab Pamekasan telah menyediakan SMS Center, sehingga masyarakat bisa melaporkan secara langsung kepada petugas. Nomor yang pihaknya sediakan untuk pelaporan kejadian bencana yakni 0819-4694-4479.

Nomor tersebut akan langsung terhubung dengan para petugas piket PusdalOps BPBD Pemkab Pamekasan. Berdasarkan data institusi ini, jenis bencana alam yang biasa terjadi di Pamekasan berupa tanah longsor, banjir, dan angin kencang. (liq)