EUA Vaksin Covid 19 Akhirnya disetujui, MUI: Vaksin Sinovic Halal dan Suci

Spread the love
Kepala Badan POM RI, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP memberikan sertifikat persetujuan izin peredaran vaksin Sinovic kepada direktur Biofarma

Radioralitafm.com, Pamekasan – Ketua MUI Bidang Fatwa, KH. M. Asrorun Niam Sholeh memastikan bahwa vaksin jenis Sinovic halal dan suci. Itu disampaikan saat konferensi pers Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid 19 oleh Badan POM RI melalui via zoom dan channel YouTube Badan POM RI, di aula C Senin (11/01/21) sore.

“Hari Jum’at kemarin MUI telah melakukan kajian aspek halal dan Toyib mengenai vaksin Covid 19 yang diproduksi Sinovic,” katanya.

Menurutnya, salah satu keputusannya dari sisi lab, bahan dan proses produksi, berdasarkan atas kajian auditing yang dilakukan oleh temen temen LP POM MUI serta perspektif keagamaan, diperoleh kesimpulan keagamaan.

“Vaksin Covid 19 produksi Sinovic ini suci dan halal, tetapi penggunaannya yang masuk kualifikasi toyyib, sangat tergantung dengan hasil kajian yang dilakukan Badan POM,” lanjutnya.

“Sehingga keputusan pada hari Jum’at itu muallaq namanya, sesuai dengan keputusan badan POM RI hari ini.”

Asrorun Niam mengaku komunikasi antara MUI dengan badan POM RI untuk menjamin halal dan toyyib vaksinnasi demi kepentingan dan perlindungan kepada masyarakat.

sebagaimana diketahui, EUA Vaksin Covid 19 akhirnya disetujui dan memenuhi standar kesehatan untuk diedarkan dan telah mengantongi izin dari Badan POM RI. Izin Persetujuan tersebut diterima oleh direktur Biofarma selaku pendaftar izin Vaksin Sinovic life chine dan sudah dapat digunakan.

Diketahui, sejumlah undangan turut hadir dalam rapat tersebut, mulai dari Ketua Badan POM RI, Kepala biro kementerian, Ketua IDI, serta tim riset dan sejumlah undangan lainnya.